5 Strategi Content Marketing Paling Tepat yang Akan Membuat Bisnis Anda Sukses!

Jika Anda adalah seorang blogger atau Digital Marketing pasti sudah tidak asing lagi dengan Content Marketing. Content Marketing adalah suatu strategi marketing yang berfokus pada pemanfaatan konten dengan membuat dan mendistribusikan konten tersebut kepada banyak orang khususnya pengguna internet dalam tujuan menarik mereka untuk menghasilkan suatu keuntungan dalam bisnis.

Tak heran, hampir setiap aspek bisnis saat ini sudah menerapkan strategi content marketing ini untuk menunjang keberhasilan bisnisnya.

Strategi Content Marketing

Meski hal ini bukanlah strategi yang instan, namun dengan pengelolaan yang baik dan tepat maka keuntungannya akan berlipat ganda. Bahkan dalam bisnis online yang saat ini semakin marak beredar, content marketing selalu menjadi strategi utama dalam meningkatkan target penjualan.

Faktanya, di era modern ini seseorang lebih tertarik dengan konten promosi daripada harus menyimak langsung seorang marketing menawarkan produknya.

Seperti yang kita ketahui, karakteristik masyarakat di Indonesia cenderung gemar berselancar di dunia maya dalam setiap kesempatan. Perilaku konsumtif penggunaan internet ini tentu menjadi peluang yang sangat besar dalam pembuatan strategi untuk content marketing yang notabenenya berada di dalam ruang internet.

Bahkan banyak blogger yang sukses dengan menerapkan strategi untuk content marketing sebagai cara mendapatkan keuntungan dari blog google adsense. Nah, penasaran bukan bagaimana melakukan strategi yang tepat dalam content marketing? Ini dia penjelasannya!

5 Strategi Content Marketing Paling Tepat

1. Tentukan Tujuan Marketing

Jika seorang blogger bisa sukses dengan cara mendapatkan uang pada blog google adsense, maka tentu saja seorang pebisnis pun bisa untuk melakukannya.

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menentukan tujuan marketing. Anda harus memikirkan hal-hal mendasar tentang, mengapa ingin membuat content marketing agar page one? hal ini merupakan strategi yang tepat untuk memudahkan Anda menyusun perencanaan dengan baik.

2. Pilih CMS dengan Tepat (Content Management System)

CMS merupakan aplikasi komputer yang akan menyediakan ruang untuk pembuatan konten digital serta pengelolaannya. Bisa dibilang CMS ini merupakan alat untuk Anda bisa membuat dan menyusun konsep content marketing. Di dalamnya tersedia beberapa fitur antara lain, content publication (rilis konten), content analytics (analisis konten), dan content creation (pembuat konten).

3. Lakukan Research Audience

Content Marketing

Setelah memiliki CMS dan membuat konten, maka jangan lupa untuk melakukan analisa audience. Hal ini sangat penting agar Anda bisa membuat konten yang relevan dengan kebutuhan audiens. Dengan membuat content marketing yang relevan dan menarik maka produk atau jasa yang ditawarkan akan semakin banyak dilirik orang.

4. Tentukan Jenis Konten yang Akan Dibuat

Jika Anda sudah mengetahui target pasar dengan melakukan analisa audiens, maka selanjutnya Anda harus menentukan jenis konten yang akan dibuat. Adapun jenis-jenis konten sangat beragam dan begitu variatif, mulai dari blog, ebook, video, indographics, template hingga yang paling terbaru yaitu podcast.

Sebaiknya pilihlah jenis konten yang relevan dengan bidang bisnis Anda, jika Anda ingin berfokus dengan cara untuk mendapatkan keuntungan dari blog google adsense maka cukup gunakan blog saja sebagai jenis kontennya.

5. Lakukan Pengelolaan Konten dengan Baik

Content

Setelah semua strategi content marketing sudah dilakukan, maka selanjutnya Anda harus melakukan pengelolaan konten dengan sangat baik. Kini pengelolaan konten pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yang paling populer adalah dengan melakukan teknik SEO atau search engine optimization.

Teknik ini sangat penting dilakukan untuk mengoptimasi konten dengan tujuan meningkatkan trafik pengunjung. Dijamin cara ini akan membuat konten semakin diminati banyak orang.

Selain melakukan pengelolaan dengan teknik SEO, lakukanlah update pada konten secara berkala agar audiens tidak bosan dengan apa yang ditampilkan.

Categories Blog