Langkah Mengembangkan Topik Artikel dengan Mudah

Dalam membuat artikel, topik adalah salah satu aspek terpenting untuk menentukan kesuksesan artikel. Ada penulis artikel yang menulis artikel berdasarkan topik yang sedang relevan dengan keadaan masyarakat, topik yang sedang populer, atau mungkin topik yang dibutuhkan. Apapun topiknya, penting bagi kalian untuk mengembangkan topik tersebut agar artikel kalian tidak monoton.

 

Mengembangkan Topik untuk Menghasilkan Artikel Unik Menarik

Memasuki zaman digital ini, jutaan artikel bermunculan di laman pencarian setiap harinya. Hal ini membuat banyak perusahaan membutuhkan ‘content writer’ untuk mengisi halaman web perusahaan mereka. Melihat fenomena ini, dunia digital kini memiliki kesempatan pekerja bagi mereka yang suka menulis dengan membuka jasa pembuatan artikel. Lantas kira-kira apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan topik pembuatan artikel?

1. Pentinganya Riset!

Riset penulisan artikel

Riset harus dilakukan sebelum memulai menulis artikel. Ketika kalian sudah mendapatkan topik yang akan kalian tulis, penting kalian mencari tahu artikel-artikel lain di luar sana yang telah menulis topik sejenis. Pelajari artikel tersebut dan bandingkan beberapa artikel. Dari sini, kalian bisa mendapatkan data-data penting untuk mengembangkan topik, juga bisa mendapat celah untuk menemukan angle penulisan lain. Apabila angle penulisan kalian berbeda, unik, dan menarik, maka kemungkinan artikel kalian dibaca oleh publik semakin besar. Publik pasti akan bosan dengan artikel yang sama setiap harinya.

2. Membuat kerangka Artikel

Bagi mereka yang sudah biasa menulis, mungkin mereka tidak lagi membuat kerangka artikel. Padahal, kerangka artikel sangat berguna untuk menentukan arah artikel kalian. Seperti yang kita ketahui, dalam artikel umumnya ada pembuka (lead), isi, lalu penutup. Ketika kalian sudah mendapatkan data-data penting dalam riset, kalian bisa merancang data apa saja yang dapat kalian letakkan di Lead, isi, dan juga penutup. Dengan membuat kerangka artikel, pembaca akan merasa tulisan kalian mengalir. Sehingga, mereka akan tertarik untuk membaca hingga akhir.

3. Tulis! Tulis! Tulis!

tulis artikel

Setelah membuat kerangka, tulislah artikel kalian berdasarkan data-data yang sudah kalian rancang dalam kerangka artikel. Ketika menulis, bagian pembuka harus menarik! Lead yang menarik mengantar pembaca untuk menyimak lebih lanjut artikel tersebut. Penting juga untuk menggunakan pilihan kata yang tepat agar pembaca enak membaca tulisan kalian. Selalu ingat juga, menulislah dengan hatimu agar pesan tulisan yang ingin kamu berikan tersampaikan untuk pembaca.

4. Ending dan Kesimpulan

Banyak artikel yang tidak menyertakan ending atau kesimpulan sebagai penutup. Akhirnya, ketika pembaca selesai membaca, mereka akan merasa ‘menggantung’. Meskipun begitu, ada beberapa artikel yang memang sengaja tidak menyertakan kesimpulan untuk memancing pembaca agar membaca artikel lanjutan lainnya.

Mengembangkan Topik Berdasarkan SEO

Tidak hanya sekedar membuat artikel biasa, perusahaan kini sangat membutuhkan jasa penulis artikel SEO. Teknik SEO mampu memengaruhi visibilitas web perusahan sehingga memperluas kesempatan untuk memeroleh pendapatan.

Nah, apabila kamu ingin menulis artikel SEO kamu perlu memahami pengembangan topik berdasarkan teknik penulisan SEO. Selain melakukan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga perlu memahami penempatan kata kunci. Secara mudah, Teknik penulisan SEO menggunakan kata-kunci sebagai poin utama artikel. Kata-kata kunci ini diselipkan dalam artikel sehingga tidak terkesan ‘memaksa’ namun tetap mengalir dan juga informatif. Sehingga, ketika warga net membaca konten tersebut, mereka tetap akan merasa artikel informatif sekaligus juga dapat memengaruhi SEO halaman web perusahaan yang bersangkutan.

Categories Blog

Leave a Comment