Kriteria Keyword Relavan Untuk SEO Marketing Website

Keyword merupakan kata atau rangkaian kata yang dituliskan oleh seseorang di mesin telusur seperti Google untuk menemukan website tertentu yang akan memberikan informasi yang relevan sesuai dengan keyword yang sudah diketikkan.

Keyword sendiri memiliki pengaruh yang sangat besar di SEO marketing. Pemilik website perusahaan atau bisnis umumnya melakukan optimasi keyword agar websitenya memiliki traffic yang tinggi sehingga meningkatkan jumlah pengunjung ke dalam websitenya. Semakin tinggi jumlah pengunjung yang masuk, maka semakin bagus juga citra perusahaan atau bisnis serta penjualannya pun akan meningkat.

Tidak semua keyword dapat digunakan untuk optimasi. Itulah sebabnya penting sekali untuk melakukan analisis keyword. Ada beberapa kriteria keyword yang perlu diketahui oleh jasa optimasi SEO. Kriteria keyword dibagi berdasarkan beberapa jenis-jenis keyword tergantung tujuan yang diinginkan.

Kriteria Keyword Berdasarkan Susunan Kata

Jenis-jenis keyword

Jenis-jenis keyword pertama dikriteriakan berdasarkan susunan kata keyword tersebut. Adapun keyword berdasarkan susunan kata di antaranya:

1. Short tail

Short tail merupakan keyword yang maksimal terdiri dari dua kata saja, misalnya: baju murah, alat memasak, cara mencuci, dan masih banyak lagi.

Keyword jenis ini memiliki tingkan pencarian yang sangat tinggi di mesin telusur sehingga potensi kenaikan traffic pun semakin tinggi. Hanya saja kompetitor yang bersaingĀ  sangatlah ketat, hasil yang ditampilakn kurang relevan dengan kebutuhan pengunjung serta kemungkinan website naikĀ  di halaman pertama mesin telusur kecil.

Untuk menggunakan kriterian keyword short tail, perlu adanya upaya optimasi lain agar website dapat naik di tengah persaingan yang ketat.

2. Long tail

Keyword long tail merupakan keyword penyempurna dari keyword sebelumnya. Susunan kata yang digunakan lebih dari dua bahkan tidak jarang membentuk kalimat utuh. Misalnya: cara memasak kentang menggunakan pasir, cara mencuci pakaian agar tidak luntur, dan lain-lain.

Keyword ini saingannya lebih rendah dan potensi dikunjunginya lebih tinggi. Selain itu pengunjung bisa mendapatkan informasi yang relevan sesuai kebutuhannya. Hanya saja keyword ini harus ditempatkan di tempat yang tepat dan dilakukan dengan profesional, jika tidak keyword akan mengacaukan kalimat yang ingin disampaikan pada konten dan membuat kualitas konten menurun.

 

Kriteria Keyword Relavan dan Terbaik Untuk Meningkatkan SEO Marketing

Untuk perusahaan atau bisnis yang ingin meningkatkan angka penjualannya, ada kriteria keyword yang dapat digunakan. Kriteria ini terbagi ke dalam beberapa jenis-jenis keyword, di antaranya:

1. Branded Terms

Merupakan keyword yang di dalamnya terdapat merk dagang atau merk produk tertentu. Misalnya: HP Samsung terbaru, Kaos H&M termurah, dan lain-lain. Penggunaan keyword ini cukup berpengaruh sangat besar karena sering dicari oleh penggemar brand, apalagi jika brand tersebut merupakan brand besar.

2. Product terms

Product terms merupakan salah satu keyword dari jenis-jenis keryword SEO markering yang cukup memiliki pencarian yang padat. Keyword produk ini merupakan keyword yang di dalamnya memasukkan produk tertentu, misalnya: HP terbaru 2020, Sepeda listrik murah, dan lain-lain.

Baca juga: 4 Cara Mengoptimalkan Konten Seo Agar Page One

3. Competitor terms

Keyword ini merupakan keyword yang di dalamnya membandingkan antara satu dan lain produk. Keyword ini juga merupakan keyword yang cukup padat karena pengunjung ingin mengetahui produk mana yang lebih baik yang sebaiknya dibeli. Misalnya: Samsung vs Xiaomi, dan lain-lain.

4. Symptom terms

Merupakan keyword yang isinya untuk mencari solusi cepat dari apa yang sedang dialami oleh pengunjung mesin telusur. Misalnya: cara memasang gas LPJ, cara mengobati sakit gigi, dan lain-lain.

 

Itulah kriteria keyword yang akan meningkatkan nilai SEO marketing website di mesin telusur. Jenis-jenis keyword ini dapat digunakan sesuai kebutuhan dan sesuai analisis keyword yang sudah dilakukan.