Hasilkan Uang dari Menulis? Berikut Caranya!

Perkembangan era membawa perubahan dalam bentuk digital. Kini kita mengenalnya dengan era digitalisasi, di mana segala informasi yang ingin kita akses dapat dengan mudah kita dapatkan melalui teknologi digital. Meski membawa perubahan pada segala aspek, baik itu positif ataupun negatif, era digital tak membawa pengaruh buruk bagi aktivitas menulis. Sebaliknya, skill menulis amat sangat dibutuhkan pada era sekarang.

Hasilkan Uang dari Menulis? Berikut Caranya!

Kebutuhan merekrut calon pekerja dengan skill menulis menempati peran penting dalam sebuah perusahaan. Selain itu, tak sedikit pula jenis pekerjaan baru dalam bidang kepenulisan yang muncul, misalnya jasa copywriting atau creative writer. Hal ini menunjukkan bahwa dari skill menulis pun, kita bisa mendapatkan uang. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang melalui skill menulis ini? Berikut hal-hal yang perlu kita perhatikan.

Menulislah Sebanyak-Banyaknya

Kemampuan menulis yang baik tak bisa dibangun dalam sehari. Akan tetapi membutuhkan proses dan latihan berkali-kali. Bahkan sangat memungkinkan seseorang yang tak memiliki kemampuan pada bidang ini menjadi mahir karena latihan yang dilakukan terus-menerus. Latihan menulis ini layaknya modal awal ketika ingin mendapatkan pekerjaan dari menulis. Semakin sering terlatih, maka semakin bagus kualitas tulisan yang kita miliki. Dengan demikian pula, banyak orang yang menaruh perhatian dan tertarik terhadap tulisan kita.

Baca juga : Sering Diabaikan! Inilah Jenis-Jenis Artikel dan Cara Membuat Artikel yang Baik

Latihan ini dapat dimuali dengan menulis cerita dalam berbagai tema. Dapat juga berlatih menulis seperti apa yang ditulis oleh jasa copywriting. Intinya, jangan pernah malas untuk berlatih meningkatkan kemampuan menulis ini.

Sasar Perusahaan yang Diinginkan

Berlatih menulis juga dapat melihat dari sasaran perusahaan yang kita inginkan. Misalnya kita ingin menjadi bagian dari jasa copywriting. Maka latihan yang dilakukan bisa berupa menulis artikel atau caption-caption pendek. Hal ini berguna agar kita mampu membangun skill dalam copywriting. Misalnya lagi, kita ingin mendapatkan uang dari kepenulisan novel. Maka latihan yang bisa kita lakukan tentunya adalah menulis novel. Mulai dari menentukan tema, membuat kerangka, sampai menuliskan perbagiannya.

Bila sudah mahir pada bidang kepenulisan yang kita minati, maka jangan ragu untuk menjadi bagian dadri perusahaan tersebut.

Jadilah Kontributor

Berbeda dengan menjadi karyawan tetap, menjadi kontributor bisa menjadi pilihan bagi beberapa dari kita yang menginginkan pekerjaan lepas atau freelance. Dengan bergelut pada bidang ini, kita bisa bebas mengatur jadwal kerja kita sendiri. Uang yang bisa kita dapatkan pun tak selisih jauh dari mereka yang menjadi karyawan tetap.

Selain itu, dewasa ini banyak pula perusahaan yang membuka sistem kontributor atau freelance ini. Mulai dari media koran, majalah, jasa copywriting, dan lain sebagainya. Fee yang ditawarkan pun berbeda-beda, tergantung dari kualitas dan pengalaman kita pada bidang kepenulisan tersebut.

Bahkan menjadi kontributor ini dapat dilakukan oleh mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Tak sedikit sekolah-sekolah umum yang memiliki produk majalah, dan para siswanya turut dilibatkan sebagai kontributor.

Mulai Buat Buku Sendiri!

Ada banyak tema dan ide yang bisa digunakan untuk menulis sebuah buku. Ide-ide tak jarang muncul di keseharian kita. Misalnya, ketika terjebak dalam kemacetan ada hal-hal menarik yang bisa kita lakukan. Atau pengalaman unik ketia berlibur di suatu tempat yang orang jarang kunjungi. Dari ide-ide kecil ini, ternyata kita bisa menuangkannya dalam sebuah buku. Oleh sebab itu, mengeluarkan buku juga memberikan keuntungan finansial sendiri bagi kita. Dengan demikian, sekaranglah waktunya bagi kita untuk memulai membuat buku kita sendiri.

Categories Blog

Leave a Comment