Cara dan Tips Penulisan Judul yang Menarik dan Benar Sesuai Pedoman

Membuat sebuah karya tulis dalam bentuk apapun, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya penulisan judul. Judul ini merupakan elemen yang sangat penting dalam sebuah tulisan. Apalagi judul juga mempunyai fungsi yang besar untuk menentukan pembaca mau membaca tulisan Anda atau tidak. Meskipun demikian, masih banyak orang-orang yang kurang memahami bagaimana cara menulis judul yang baik.

Penulisan Judul Sesuai Pedoman

Ketika Anda akan membuat sebuah judul untuk beraneka jenis artikel Anda, maka sebaiknya sesuaikan dengan pedoman yang penulisan yang berlaku. Misalnya menurut EYD atau ejaan yang disempurnakan, maupun PUEBI yang saat ini dijadikan pedoman penulisan. Beberapa pedoman penulisan judul yang sesuai adalah seperti berikut ini:

  • Diawali dengan huruf besar atau kapital. Yang mana, baik kata apapun itu jika disimpan di awal judul maka huruf pertamanya adalah kapital.
  • Tidak hanya huruf pada awal kata saja, setiap kata lainnya pun diawali dengan huruf kapital.
  • Pada beberapa jenis kata, yang tidak lain adalah berbentuk partikel, maka awalan hurufnya menggunakan huruf kecil. Bentuk kata partikel ini seperti di, ke, dari, pada, agar, dan sebagainya.
  • Jika terdapat kata dwilangga atau kata yang diulang sempurna, maka kedua awalan hurufnya menggunakan huruf kapital. Sebagai contoh Kupu-Kupu, Undang-Undang, Mata-Mata.
  • Sementara untuk penulisan judul pada kata ulang yang berimbuhan ataupun pada pengulangannya berubah bunyi, maka cukup gunakan huruf kapital pada satu kata awalan saja. Misalnya jika Berjalan-jalan, Warna-warni, Serba-serbi, dan lain sebagainya.

Tips dan Cara Membuat Judul yang Baik dan Menarik

Cara dan Tips Penulisan Judul

Selain membuat penulisan judul yang benar dan sesuai pedoman, Anda juga perlu memerhatikan bagaimana cara membuat judul yang menarik. Apalagi, judul ini bisa dikatakan sebagai cover yang menjadi gerbang utama agar pembaca tertarik untuk membaca karya tulis. Untuk menghasilkan judul yang menarik, maka bisa menggunakan beberapa tips berikut ini.

  • Buat Judul yang Memancing Rasa Ingin Tahu

Setiap orang tentunya akan tergerak untuk membaca ketika menemukan judul yang memancingkan untuk mencari tahu lebih jauh. Maka dari itu, sebaiknya pada judul ini disematkan juga beberapa informasi menarik yang mengundang perhatian.

  • Tambahkan Angka pada Judul

Tips selanjutnya adalah dengan menambahkan angka pada judul. Terlebih untuk tulisan yang dibuat sebagai pengisi konten di media internet. Biasanya, orang lebih suka terhadap prediktabilitas dan juga tidak menyukai hal yang masih bersifat tidak pasti.

  • Judul yang Memberikan Petunjuk

Selain penulisan judul yang baik dengan membuatnya sesuai pedoman, Anda juga penting dalam membuat judul jadi menarik dengan memberikan petunjuk. Biasanya petunjuk ini bersifat seperti pertanyaan yang diajukan kepada calon pembaca. Misalnya saja dengan judul berawalan “Bagaimana caranya” yang secara tidak langsung memberikan petunjuk terhadap isi tulisan tentang cara sesuatu.

  • Judul dengan Informasi Spesifik

Tips lain yang bisa disematkan pada pembuatan judul yang menarik adalah judul yang mempunyai informasi spesifik. Biasanya judul yang mempunyai informasi atau fakta konkret juga terukur, akan dengan mudah menarik perhatian pembaca.

  • Judul Berisi Unsur Negatif

Selain beberapa tips sebelumnya, maka Anda bisa menambahkan unsur kata negatif pada judul Anda. Misalnya saja dengan penambahan kata “jangan”, “hindari”, atau berupa kata imbauan. Biasanya kata ini bisa memicu pembaca untuk membaca tulisan.

Bagaimana pun penulisan judul yang benar ini harus diaplikasikan. Selain agar menarik, juga agar mudah dipahami oleh pembaca. Yang paling penting, buatlah judul relevan dengan isinya. Jangan sampai Anda membuat judul yang malah akan membohongi pembaca.

Categories Blog

Leave a Comment