Mengenal Apa Itu Tags WordPress

Bagi yang aktif menulis entah di blog atau website lainnya pasti sudah tak asing dengan WordPress. Kini WordPress menjadi salah satu website terpopuler, bahkan mengalahkan Blog yang sudah ada sejak lama. Namun tidak semua mengerti tentang website ini, ada beberapa fitur yang berbeda dengan blog.

Mengenal Apa Itu Tags WordPress

Dan fitur-fitur khusus pada WordPress ini dapat dimanfaatkan untuk membuat konten yang sesuai dengan SEO dan Human friendly, salah satu fiturnya adalah Tags.

WordPress tags adalah salah satu fitur yang berguna untuk digunakan dalam mengelompokan tulisan-tulisan yang ada, tentunya dengan tema yang sama. Biasanya tags ini terletak dibawah post atau pada sidebar.

Tags ini pada blog biasa dikenal dengan Label, yang nantinya kamu akan melabeli tulisan-tulisanmu yang memiliki tema besar yang sama.

Sayangnya masih banyak yang salah menggunakan fitur tags ini, bahkan masih banyak yang belum memahami fungsi dari fitur ini.

Lalu, apa saja fungsi tag pada WordPress tersebut? Lalu bagaimana cara membuat tags ini? Simak penjelasan jayapenulis.com di bawah ini ya.

Fungsi tags pada WordPress

Fungsi tags WordPress

Tags pada WordPress ini memiliki beberapa fungsi yang tentunya sangat berguna untuk kamu.

1. Dapat mengelompokan postingan, misalnya kamu memiliki 4 sampai 5 artikel yang temanya membahas pengetahuan. Maka kamu dapat membuat tags berjudul ‘pengetahuan’, begitupun yang lainnya.

2. Memudahkan pengunjung website untuk mencari tulisan. Misalnya mencari tentang pengetahuan, karena kamu sudah memberikan tag maka ia tinggal klik tags tersebut lalu munculah semua tulisanmu yang masuk dalam kategori tersebut.

3. Untuk mempertajam SEO (Search engine optimization) tulisan. Google akan mencari tulisan yang sesuai untuk ditampilkan pada pencarian teratasnya, dan tentu saja itu tidak sembarangan. Dengan mempertajam SEO pada worpress kamu, akan ada kemungkinan bahwa tulisanmu akan dilirik oleh google.

Mengapa bisa demikian? Karena robot mesin pencari akan memilah-milah dalam menampilkan tulisan teratas pada google. Hasil pencarian ini didasarkan pada domain situs, judul posting dan isi postingan.

Baca juga: Perbedaan Antara WordPress dan Blogspot

Ketika seseorang mencari kata kunci yang sesuai dengan yang kamu miliki pada WordPressmu, maka google akan merekomendasikannya pada orang tersebut. Namun, yang ada pada halaman teratas hanyalah tulisan yang benar-benar baik dari segala segi.

Nah, sudah tau kan fungsi tag pada wordpress tersebut? setelah ini kamu tinggal mengaplikasikannya pada tulisanmu. Untuk kamu yang belum mengerti bagaimana cara membuat tags, simak penjelasan berikut ini.

Cara membuat tags pada WordPress

Ada dua cara untuk menambahkan tags pada tulisanmu di WordPress ini.

Pertama, tambahkan tag pada postingan terbaru. Tidak jauh berbeda dengan blog.

1. buka post lalu klik Add New

2. pada sisi kanan visual editor, klik tulisan the tags box

3. tulis tag yang ingin ditambahkan, jika kamu ingin menulis lebih dari satu tag pisahkan dengan tanda koma

Kedua,tambahkan tag ke postingan yang telah dipublish untuk menaikan peringkat SEO pada google.

1. buka post lalu klik tags

2. tulis tag di kolom nama

3. tambahkan slug ke tag

Nah itu dia cara untuk menambahkan Tags pada tulisanmu di WordPress. Untuk bisa meraih peringkat pertama dalam pencarian google memang tidak mudah, namun jika kita terus mencoba dan terus memperbaiki kualitas tulisannya. Tulisan kita bisa saja mengalahkan website lain dan berada di peringkat satu pencarian google.

Categories Blog

Leave a Comment