5 Tips Menjadi Seorang Penulis Konten yang Sukses

Pekerjaan sebagai seorang penulis konten belum ada banyak orang yang mengetahuinya. Bahkan seorang penulis konten terkadang harus tabah ketika kita dikira pengangguran.  Sekarang ini jasa penulis konten banyak sekali dicari oleh perusahaan maupun pemilik website. Prospek usaha dari bisnis ini sangat besar, mengingat banyak orang membutuhkan jasanya.

Namun begitu, menjadi seorang penulis konten bukanlah hal yang mudah. Anda harus mengerti berbagai hal terkait teknik kepenulisan dan promosi sekaligus agar nantinya tulisan anda mampu mendatangkan trafik yang tinggi dari pengunjung.

Tips Menjadi Seorang Penulis Konten Agar Sukses

Tips Menjadi Seorang Penulis Konten

Di tahun 2020, semakinbanyak orang mencari pekerjaan. Namun tidak banyak orang yang mampu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Anda ingin kerja dengan waktu dan tempat yang fleskibel? Penulis konten jawabannya. Bagi anda yang ingin menjadi seorang penulis konten yang sukses di tahun 2020, berikut ini tips bagi anda :

1. Perbanyak Referensi

Seorang pembaca belum tentu mampu menulis, tapi seorang penulis harus mampu membaca. Maksudnya, sebagai seorang penulis kita tidak boleh asal tulis saja. Bahkan penulis cerpen terkadang melakukan riset terkait pekerjaannya.

Terlebih bagi seorang content writer yang memiliki tugas menciptakan sebuah artikel nonfiksi yang akurat. Maka salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah membaca sebanyak mungkin informasi dari luar. Entah itu dari buku, koran, majalah, atau portal internet.

2. Selalu Latih Skill Menulis

Practice makes perfect, mungkin pepatah itu sangat cocok bagi para penulis konten. Anda memiliki niat yang kuat untuk menulis saja tidak cukup untuk menghadapi persaingan antara penulis. Lakukan latihan rutin menulis berdasarkan data-data yang akurat agar nantinya anda bsia terlatih mengerjakan artikel.

Carilah berbagai kosakata baru di kamus, atau di artikel lainnya. Selain itu, pelajari pula pola penulisan penulis lain. Hal ini akan sangat membantu anda dalam membuat artikel yang berkualitas. Selalu lakukan hal ini setiap hari agar kemampuan anda akan semakin terlatih.

3. Pahami Seluk Beluk SEO

Anda belum bisa disebut sebagai penulis konten jika belum memahami apa itu SEO. SEO adalah teknik optimasi website melalui maksimalisasi kata kunci pada sebuah artikel. Ada banyak sekali teori yang harus anda praktikkan mengenai SEO tersebut.

Baca juga: CARA MENJADI PENULIS ARTIKEL ONLINE

Karena di Indoensia sendiri ada jutaan laman website yang akan berebut menjadi posisi puncak di mesin pencarian. Oleh karena itu, untuk membantu klien, seorang content writer juga harus memahami SEO dengan baik.

4. Tulislah dengan Bahasa yang Baik dan Lugas

Tiap orang memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda. Ada yang sengaja menulis panjang lebar hingga mencapai titik, ada yang menggunakan titik berkali-kali hanya untuk menjeaskan makna sesuatu.

Sebaiknya, anda menulis seperti ketika anda berbicara seperti biasa. Hal ini akan membantu meningkatkan readability artikel anda di hadapan klien maupun para pengunjung website.

5. Selalu Terima Kritik dan Saran yang Membangun

Kritik dan saran begitu diperlukan bagi para penulis konten agar ia senantiasa mampu memperbaiki kualitas artikelnya. Para penulis konten yang tidak mau dikoreksi pastinya akan memiliki gaya penulisan  yang monoton. Hal ini akan burul bagi pencapaian karirnya di dunia penulis konten.

Nah, dari berbagai tips di atas, pastinya anda sudah memiliki gambaran akan langkah sukses menjadi seorang penulis konten berkualitas. Jadi, tertarikkah anda bergabung dengan kami? Semoga berbagai informasi di atas dapat membantu anda yang ingin menjadi seorang content writer.

Categories Blog